Peran Penting Sahabat dalam Kesuksesan Hidup

Motivasi Sukses | Inspirasi | Bahagia | Alkisah di ceritakan ada dua sahabat bernama Andy dan Budi yang berjalan di tepi pantai.

Mereka melihat seluruh pemandangan indah disertai deburan ombak yang membasahi kaki mereka berdua. Saat sedang berjalan bersama, tiba-tiba Budi memukul Andy tepat di wajah. Tanpa menanyakan alasan, Andy pun langsung menulis dengan jarinya di atas pasir dengan bertuliskan hari ini sahabatku memukulku tepat di wajah. Kemudian tak lama kemudian mereka berdua memutuskan untuk berenang di laut. Saat berenang tiba-tiba Andy mengalami keram pada kakinya sehingga Andy pun tidak dapat menggerakkan badannya dan ia mulai perlahan tenggelam. Melihat temannya sudah tidak mungkin berenang lagi maka Budi pun memutuskan untuk langsung berenang ke arah Andy dan menolongnya. Saat mereka sampai di pantai lagi, Andy pun mengucapkan terima kasih lalu kemudian mengambil sebuah batu kecil dan menulis di atas batu karang dengan bertuliskan hari ini sahabatku yang luar biasa menyelamatkan hidupku.

Suatu kisah yang cukup sederhana namun terkandung pembelajaran yang berharga. Setiap kali Budi berlaku negatif kepada Andy, Andy menuliskan perbuatan tersebut di atas pasir dan apabila Budi menolong Andi maka Andi menuliskannya di batu karang. Arti dari kisah ini yaitu perbuatan negatif yang orang lain lakukan kepada kita biarlah tertulis di pasir saja agar dapat tersapu oleh ombak sehingga seiring berjalannya waktu anda dan saya dapat memaafkan dan melupakan tindakan negatif tersebut. Perbuatan positif yang orang lain lakukan kepada kita biarlah di tulis di batu karang agar sekalipun ombak datang menerpa, tulisan tersebut tidak akan hilang dan akan selalu terkenang di hati anda dan saya.

Namun sayangnya dewasa ini seringkali yang terjadi justru tertukar, Perbuatan negatif ditulis di atas batu karang dan perbuatan positif ditulis di atas pasir. Satu peribahasa lama mengatakan,”Karena nila setitik rusak susu sebelanga” yang artinya perbuatan baik yang begitu banyaknya seseorang pada sahabat/teman/keluarga dll hilang dengan mudahnya bahkan tidak lagi diingat, malah justru 1 perbuatan negatif terus menerus diingat bahkan menjadi dendam. Paradigma ini sungguh sangat berbahaya dalam kehidupan bersosial manusia sehari-hari.

Dalam perjalanan menuju kesuksesan, peran seorang sahabat sangatlah penting. Mengapa? Karena sesungguhnya salah satu penentu keberhasilan kita adalah dengan siapa kita bergaul (baca kembali Kunci Mempercepat Kesuksesan Anda). Apabila anda sudah memiliki sahabat yang tepat dan bisa mendorong anda ke atas maka jangan pernah anda men sia-siakan sahabat anda. Sahabat adalah orang yang selalu ada saat suka dan duka anda oleh sebab itu berikut pembahasan mengenai sahabat sejati :

  1. Seorang teman dan sahabat adalah dua orang berbeda karakternya. Anda bisa memiliki ribuan teman di luar sana, tetapi anda hanya memiliki sedikit orang sebagai sahabat. Anda mendapat kata-kata persahabatan terbaik dari sahabat anda. Sahabat muncul melalui proses pengenalan yang lama. Semakin lama mengenal dan bersama, semakin anda akan percaya bahwa dialah sahabat sesungguhnya.

  2. Ketika banyak orang mengatakan persahabatan adalah kesempatan atau tanggung jawab. Persahabatan adalah tanggung jawab untuk anda dan saya. Anda dan saya bertanggung jawab untuk selalu menjaga sahabat kita dan menopangnya, apapun situasinya. Anda dan saya bertanggungjawab menghapus dukanya dan mendukung suka citanya.

  3. Bagaimana menilai sahabat? Sahabat sejati selalu berani menegur anda tepat di wajah ketika anda salah. Sahabat sejati menghilangkan kepura-puraan. Mereka tidak akan pura pura setuju ketika tindakan anda salah. Mereka akan mengatakan tidak setuju ketika mereka tidak setuju, dan setuju ketika memang pendapat anda adalah yang terbaik.

  4. Memiliki sahabat bukan saja memiliki satu atau beberapa orang untuk membagi cerita. Sahabat yang baik adalah mereka yang selalu berusaha membagikan contoh paling baik bagi hidup anda. Mereka menjadi inspirasi bagi anda untuk berkembang. Ketika mereka berkembang, mereka akan mendorong anda untuk ikut berkembang. Karena itu adalah hal yang manis ketika sahabat mampu sukses bersama.

  5. Akan ada banyak orang yang berbahagia dengan anda saat kesuksesan datang, tapi hanya sedikit orang yang mengobati luka anda ketika anda jatuh. Persahabatan tidak mengenal situasi apapun. Senang, sedih, gundah, cemas, ataupun takut dihadapi bersama. Ketika sahabat sukses, anda akan merasa bangga telah menjadi bagian dari kesuksesannya.

  6. Seperti halnya cinta, sahabat akan muncul dari pihak yang tidak terduga. Musuh anda saat ini bisa saja menjadi sahabat anda di lain hari. Ketika kebencian meliputi, dia menjadi musuh anda. Ketika cinta bernaung, mereka menjadi sahabat anda. Jika anda memilih untuk bergerak berdasarkan cinta, dia akan jadi teman untuk anda. Cinta yang mampu melunturkan kebencian dan mendatangkan sahabat untuk anda.

Jangan pernah anda men sia-siakan sahabat dalam hidup ini. Begitu anda kehilangan maka semua sudah terlambat. Setelah anda membaca artikel ini ada baiknya anda membuka social media anda dan menghubungi sahabat anda untuk menanyakan kabar mereka dll dan katakan kepada mereka,”Anda adalah sahabat yang sangat saya kasihi”.

Terima Kasih

Salam Sukses

Timothy Ethelbert

Ngobrol bersama saya?

Instagram : timothyethelbert

Facebook : https://www.facebook.com/timothyethelbert30

Atau kirimkan pertanyaan anda ke timothy.icso@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *