Bagaimana Saya Berperan di Panggung Dunia Ini?

Kebanyakan orang gagal saat ini dikarenakan mereka tidak bisa menerima diri mereka sendiri apa adanya. Seringkali kita mendengar pernyataan,”Aku tidak akan bisa memimpin karena aku bukan direktur, aku tidak akan bisa memasak karena aku tidak sekolah koki, aku tidak akan bisa apapun karena aku seorang yang tidak memiliki harta”. Ketahuilah 1 hal, hidup mati seseorang beserta jalan hidupnya di pengaruhi oleh mulutnya sendiri.

Mulut memiliki kuasa yang luar biasa. Saat anda berkata positif maka segala hal positif akan menjadi jalan hidup anda. Jika anda berkata negatif maka segala hal negatif menjadi jalan hidup anda.

Setumpuk emas dan seonggok lumpur, mana menurut anda yang lebih berharga? Pasti anda dan kebanyakan orang akan menjawab setumpuk emas. Namun pertanyaan berikutnya, kalau untuk menumbuhkan benih, lebih berharga yang mana? Pasti anda akan mulai berpikir dan menjawab lumpur lah yang lebih berharga. Emas dan lumpur merupakan 2 hal yang sangat bertolak belakang. Tetapi tahukah anda bahwa anda dan saya ada di dunia ini memiliki peran dan kegunaan yang berbeda satu sama lain?

Ada total sekitar 7 miliar penduduk di dunia saat ini dengan 205 negara yang diakui. Dari 7 miliar penduduk di dunia, hanya 205 orang yang bisa menjadi pemimpin dari negara nya masing-masing. Bagaimana dengan sisanya? Apakah sisanya adalah manusia yang tidak berguna? Tidak sama sekali. Tanpa penduduk maka mustahil suatu negara dapat berdiri. Tanpa ada petani, mustahil anda dan saya saat ini dapat menyantap berbagai sayuran yang lezat. Tanpa seorang peternak, mustahil bagi anda dan saya dapat menyantap daging berkualitas. Ketahuilah anda dan saya memiliki sebuah peran dan tempat di kehidupan ini.

Anda dan saya harus bisa menyadari dan memahami bahwa setiap manusia memiliki fungsi yang berbeda. Untuk itu tidak perlu iri dengan fungsi dan peran yang dimiliki oleh orang lain. Penyebab utama seseorang iri dengan peran yang dimiliki oleh orang lain adalah karena sebenarnya individu tersebut tidak mensyukuri dan memainkan peran dirinya sendiri di hidup ini. Bagaimana cara untuk mensyukuri dan memainkan peran dari setiap kita di dunia ini? Berikut kiat-kiat sederhana bagaimana cara anda mengenali dan memainkan peran anda dalam hidup ini.

  1. Kenali hobi dan bakat anda – Hobi dan bakat akan melahirkan suatu kegembiraan sendiri saat melakukannya bagi setiap orang. Dengan mengenali hobi dan bakat anda maka anda akan memainkan peran anda dengan lebih santai dan memiliki motivasi lebih. Jadikan hobi dan bakat anda sebagai motor penggerak anda dalam memainkan peran di masyarakat anda saat ini.
  2. Bersyukur atas kelemahan anda – Dengan anda mulai mengucap syukur atas kelemahan anda maka sulit bagi andauntuk sombong atas kelebihan anda. Anda akan sadar bahwa peran yang anda mainkan di dunia ini juga butuh bantuan dari orang lain. Dengan adanya bantuan dari orang lain maka peran anda di dunia ini semakin lebih mantap dan kelemahan anda tercover oleh kelebihan yang membantu anda.
  3. Berbagi dan berdampak atas apapun – Peran terpenting yang harus dimainkan setiap orang adalah bagaimana ia bisa berguna bagi orang lain. Bisa dengan berbagi harta kepada yang membutuhkan ataupun membagi ilmunya kepada juniornya. Dengan anda berbagi maka anda menjadi pohon kehidupan bagi mereka yang menerimanya. Point ini menurut saya paling penting apabila anda ingin memainkan peran anda dengan sangat baik di kehidupan ini.

Mainkan peran anda sebaik mungkin dan jangan lagi iri dengan peran orang lain. Anda adalah anda. Keunikan yang menjadi milik anda patut anda syukuri dan kembangkan melalui cara yang positif.

Abraham Lincoln pernah berkata,”Lakukanlah dengan mengesankan, lakukanlah dengan benar dan lakukanlah dengan gaya”.

Terima Kasih

Selamat Tahun Baru 2017

Timothy Ethelbert

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *